Promosi Sebuah Produk Dalam Bisnis
Promosi Sebuah Produk Dalam Bisnis
Kegiatan promosi bisnis merupakan
bagian dari strategi pemasaran yang sangat dibutuhkan sebuah usaha, baik usaha kecil
maupun usaha yang sudah berkembang besar. Sebelum mengetahui metode ataupun
strategi promosi yang sering digunakan para pelaku bisnis, yang dimaksud dengan
promosi adalah kegiatan pendukung strategi pemasaran yang sengaja
diadakan untuk mengingatkan para konsumen mengenai produk atau jasa dengan brand
tertentu.
Strategi promosi sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan
permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat
meningkatkan laba yang diperoleh. Selain itu kegiatan promosi juga memberikan
kemudahan dalam merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya
kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon
konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen,
mengenai respon produk yang kita tawarkan. Berikut beberapa manfaat lain dari
adanya kegiatan promosi :
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
- Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
- Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
- Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi
Untuk memperoleh manfaat dari
strategi promosi, tidaklah mudah. Karena diperlukan beberapa kegiatan promosi
yang dapat mendukungnya, kegiatan tersebut antara lain sebagai berikut :
1. Iklan ( Advertising )
Layanan iklan dapat mengenalkan
produk kita kepada para konsumen, selain itu juga dapat membantu pembentukan
image produk yang kita tawarkan. Sebaiknya gunakan iklan yang menarik dan mudah
dimengerti oleh para konsumen. Iklan bisa melalui media massa ataupun media
elektronik, misalnya dengan mengiklankan produk kita melalui televisi atau
melalui majalah. Kemudahan promosi melalui iklan juga dapat dirasakan, dengan
memasang iklan melalui media online yang lebih murah bahkan lebih sering gratis
bila memasang iklan baris di beberapa website tertentu.
2. Promosi penjualan ( Sales
Promotion )
Adanya promosi penjualan dapat
membantu meningkatkan penjualan dalam jangka waktu pendek, biasanya hanya
selama kegiatan tersebut diselenggarakan. Promosi penjualan dapat dilakukan
dengan cara memberikan hadiah gratis setiap pembelian produk dengan jumlah
tertentu, memberikan sampel produk gratis kepada para konsumen untuk menarik
minat mereka akan produk yang kita tawarkan, sehingga mendorong para konsumen
untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan pada saat kegiatan tersebut
dilaksanakan.
3. Penjualan perorangan ( Personal
Selling )
Penjualan perorangan bertujuan untuk
memberikan keyakinan dan pengenalan produk yang lebih dalam kepada para
konsumen. Jadi para konsumen memperoleh informasi produk lebih detail,
sedangkan para pelaku usaha juga dapat mengetahui respon para konsumen secara
langsung.
4. Hubungan masyarakat ( Public
Relations )
Setelah image
produk tertanam di hati para konsumen, hal penting yang harus dijaga adalah
hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan. Hal itu untuk menjaga
kepercayaan yang telah diberikan para konsumen untuk produk kita, dan untuk
melindungi image perusahaan ataupun produk.
Dari pembahasan yang ada, dapat
disimpulkan bahwa kegiatan promosi membantu perusahaan untuk menginformasikan
suatu produk pada peluang pasar . Produk yang berkualitas pun akan sulit laku,
jika tidak menggunakan kegiatan promosi yang dapat mengenalkan produk tersebut
kepada para konsumen. Tentukan strategi promosi yang tepat bagi usaha Anda.
Salam sukses.
Sumber gambar : www.tutorialkuliah.blogspot.com
Sumber gambar : www.tutorialkuliah.blogspot.com
Komentar
Posting Komentar